21 May 2018

perawatan murai batu harian

Tips cara Perawatan murai medan trotolan


perawatan murai trotolan
MB Trotolan

murai medan2-Memlihara murai trotolan memang menjadi kesenangan tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi jika burung murai trotolan ini adalah jenis burung murai yang populer,selain memiliki kecenderungan mental yang baik, tujuan memelihara trotolan ini agar bisa menghasilkan suara yang berkualitas, dngan banyak isian nya(varias).
Burung yang di rawat dari anakan ini biasanya akan menghasilkan isian yng berkualitas dan variasi ,selain itu menjadi kebanggaan bagi penghobi burung murai,karena bisa memiliki burung dari hasil rawatanya sejak trotolan atau masih anakan.
Untuk perawatan murai anakan ini tak jauh beda dengan perawatan burung pada umumnya,porsi jangkrik untuk murai batu anakan yang harus anda perhatikan karna murai anakan sangatlah membutuhkan porsi makan yang berkualitas ,murai anakan biasanya di dapatkan baik dari pasar burung atau pun dari peternakannya langsung ,biasanya menjual anakan tersebut berkisar umur 1-2 bulanan,saat itulah burung murai anakan tersebut sudah bisa makan sendiri jadi penerapan pola perawatan nya juga sama dengan burung dewasa lainnya.

Perawatan murai mabung pertama


murai medan-perawatan murai mabung
Murai
Perawatan murai batu mabung yang benar- mabung pertama adalah proses pergantian bulu anakan ke bulu dewasa , pada proses mabung pertama ini anda harus merawatnya dengan benar,jika anda di rumah cara merawatnya dengan secara asal asalan maka hasilnya akan sangat lah merugikan bagi anda sendiri. saat terjadinya mabung untuk metabolisme pada murai batu ini akan mengalami penurunan, maka kita sebagai pemiliknya sudah pasti memberikan pakan yang bener bener extra nutrisi (vitamin).
Untuk mabung ini baik murai dewasa atau paun murai anakan biasa nya terdapat beberapa ciri, diantaranya:

  1. bulu yang tampak kusam dan berwarna agak kecoklatan
  2. bulu yang pecah pecah pecah tak beraturan
  3. Mb yang dulu rajin berkicau ,nampak jadi malas berkicau
  4. burung kelihatan malas tidak bergairah
Cara perawatan mabung pertama ini tak jauh beda dengan burung dewasa yang lainnya extra foding yang harus di perhatikan ,kerodong burung dan tempatkan di tempat yang sepi dan tenang juga sejuk.

Perawatan murai batu harian


perawatan murai batu harian
Add caption

Murai batu baik medan atau pun lampung untuk menghasilkan murai yang berkualitas tidak lah lepas dari perawatan hariannya, tidak ada murai batu medan yang bagus,tidak ada murai batu lampung yang bagus jikalau perawatan hariannya asal asalan,karena murai jawara hanya lahir dari perawatan harian yang kita rawat sehari hari,jika anda membeli murai jawara sekali pun jikalau perawatan anda asal asalan maka hasil atau kualitas burung nya pun akan menurun maka intinya burung yang berkualias ada pada perawatan hariannya,perawatan yang tepat,teliti,fokus dll. Adapun pola perawatan  murai batu medan dan lampung yang benar, berikut ini adalah beberapa tips buat anda dan bisa anda lakukan di rumah , semuanya tetep butuh ketelatenan dan kesabaran, pola perawatan nya sebagai berikut:

|baca juga : Jenis Murai Batu

  1. buka kerodong atau penutup sangkar burung tersebut
  2. angin anginkan sebelum melakukan pemandian dan penjemuran
  3. mandikan burung kesayangan anda
  4. bersihkan sangkar dari kotoran 
  5. berikan extra fooding,baik jangkrik,kroto,cacing dll tips: usahakan pemberian extra foding ini di berikan sebelum burung di masukan pada sangkarnya.
  6. masukan kembali burung kesayangan anda
  7. jemur burung kurang lebihnya selama 3jam ,jauhkan burung dari binatang yang bisa memangsanya.
  8. setelah penjemuran selesai di laksanakan ,pindahkan burung tersebut angin anginkan kembali burng kesayangan anda
  9. pemasteran ,usahakan pemasteran di lakukan setiap hari bisa dengan menggunakan mp3 ataupun dengan burung anda yang lain nya.
  10. tempatkan burung di tempat yang ramai supaya mental dari burung berkualitas baik
Pada dasarnya merawat Mb sangatlah mudah dan tidak sulit yang di butuhkan hanyalah kesabaran dan ketelatenan

Nah itulah tips cara perawatan murai medan2 harian biar burung anda menghasilkan kualitas yang baik. kunci dari kesuksesan kesabaran maka bersabarlah dan selamat mencoba.




No comments: